WILUJENG SUMPING DI BLOG DESA TALAGASARI KECAMATAN KADUNGORA KABUPATEN GARUT

20110927

f. Ketenagakerjaan


Berkaitan dengan perkembangan situasi dan kondisi ketenagakerjaan di Desa Talagasari sampai akhir tahun 2010, masih menunjukkan keadaan kondusif, walaupun di pihak lain masih dihadapkan pada keterbatasan lapangan kerja dan jumlah pencari kerja yang cukup banyak. Keadaan ini semakin sulit dikendalikan sebagai akibat krisis ekonomi dan kenaikan harga BBM. Banyaknya pencari kerja di Desa Talagasari adalah sebagai akibat penambahan angkatan kerja baru dan pemutusan hubungan kerja (PHK). Kondisi ini terus berlangsung di berbagai lapisan dan tingkatan sektor-sektor usaha strategis yang banyak menyerap tenaga kerja. Keadaan seperti ini memberikan kontribusi sangat besar terhadap jumlah pencari kerja yang tidak terproyeksikan sebelumnya.
Jumlah angkatan kerja pada tahun 2010 sebanyak = 213 orang. Jumlah pencari kerja yang dapat tersalurkan dan ditempatkan di perusahaan-perusahaan maupun jenis pekerjaan lainnya sebanyak = 965 orang, sedangkan sisanya sebesar = 3.374 orang belum mendapatkan perkerjaan.
Untuk tahun 2010 jumlah pencari kerja laki-laki sebesar 1.719  Orang, sedangkan perempuan sebanyak 1.655 orang, sedangkan pencari kerja perempuan yang dapat ditempatkan lebih besar daripada laki-laki yaitu 2.699 (80 %), dan laki-laki sebesar 675       (20 %).
Dari segi pendidikan, lulusan SLTA menempati urutan tertinggi dari jumlah persentase pencari kerja yang berhasil ditempatkan terhadap total pencari kerja, yaitu menurut tingkat pendidikan mencapai angka 55 %.
Dalam hal penyerapan tenaga kerja, jumlah tenaga kerja yang ditempatkan mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, sementara jumlah pencari kerja yang terdaftar mengalami penurunan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dalam tabel 12 di bawah ini.

Tabel : 12
Jumlah Tenaga Kerja, Pencari Kerja, dan Lowongan Kerja
Di Desa Talgasari Tahun 2010
No
Yang Terdaftar
Jumlah
Keterangan
1
Pencari Kerja
2.295

2
Yang Ditempatkan
81

3
Lowongan Kerja
-

4
Sisa Pencari Kerja
2.214

Sumber : Data Desa Talgasari

Dari tabel diatas, dapat dijelaskan bahwa pada tahun 2010 pencari kerja mengalami kenaikan, begitu pula pada lowongan kerja. Akan tetapi masih terdapat ketimpangan antara pencari kerja dengan lowongan kerja, sehingga jumlah pencari kerja masih banyak yang tidak tertampung pada lowongan kerja yang dari segi kuantitasnya lebih sedikit daripada pencari kerja. 
Faktor lain yang menjadi penyebab utamanya adalah kompetensi yang dimiliki, dikaitkan dengan skill yang dibutuhkan oleh lapangan kerja.